Lintas Nusa

Media Lintas Informasi Antar Nusa

Pendidikan

MENGGUGAH SEMANGAT BAHARI, LANTAMAL III GELAR BINTAL JUANG REMAJA BAHA

Lintasnusa.com-Komandan Lantamal III Jakarta Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M., membuka pelaksanaan kegiatan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) yang diikuti sebanyak 30 siswa/siswi setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) DKI Jakarta dan sekitarnya, bertemlat di Lapangan Apel Mako Lantamal III, Jalan Gunung Sahari No. 2 Ancol Jakarta Utara, Jumat (24/7/2020).

Danlantamal III dalam sambutannya menyampaikan kita menyadari bahwa pembangunan kelautan mencakup berbagai aspek dan melibatkan berbagai disiplin ilmu, sehingga keberhasilannya membutuhkan peran aktif segenap komponen bangsa untuk bersama-sama memberikan kontribusi maksimal bagi upaya peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup Bangsa Indonesia.

“Dengan dilaksanakan Bintal Juang Remaja Bahari (BJRB) TNI AL tahun 2020 bertujuan untuk mengingatkan kembali tentang jati diri Bangsa Indonesia sebagai bangsa bahari dengan maksud menumbuhkembangkan sisi maritim dan jiwa kebaharian kepada generasi muda sedini mungkin,” ujar Danlantamal III.

Lebih lanjut disampaikan, kegiatan BJRB TNI AL mempunyai makna yang penting yaitu sebagai wahana efektif untuk mempererat tali persaudaraan para remaja yang dilandasi oleh keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT., sehingga Bangsa Indonesia dapat memiliki generasi muda yang berakhlak terpuji, berbudi luhur dan menjadi generasi muda yang cinta bahari.

“BJRB juga merupakan wahana yang tepat untuk menumbuhkembangkan jiwa dan semangat bahari generasi muda sebagai basis untuk membentuk sumber daya manusia kelautan yang berkualitas,” tutur Brigjen Hermanto.

Materi yang diberikan para pendidik dan pelatih diharapkan dapat menggugah kembali jiwa dan semangat bahari para peserta sebagai generasi muda, dengan demikian diharapkan mereka dapat memanfaatkan laut dengan kekayaan yang terkandung didalamnya bagi kesejahteraan Bangsa Indonesia sebagai negara kepulauan. Indonesia sangat membutuhkan pemuda-pemudi tunas bangsa yang handal dan yang dapat memanfaatkan kemajuan teknologi untuk menggali dan memanfaatkan potensi kelautan yang ada.

Peserta BJRB tahun 2020 kali ini sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana dengan masih merebaknya wabah covid-19, maka jumlah peserta dibatasi sebanyak 30 orang terdiri dari siswa-siswi setingkat Sekolah Menengah Tingkat Atas (SMA) DKI Jakarta dan sekitarnya. Pelaksanaan BJRB mengikuti protocol kesehatan covid-19, dimana pada saat awal seluruhnya melaksanakan Rapid test, menggunakan masker dan physical distancing.

Selanjutnya para peserta diantar ke Pondok Dayung untuk diperkenalkan pasukan elite TNI AL (Kopaska), melaksanakan open ship di KRI, dan mengikuti joy sailing. Para peserta BJRB juga dibekali materi tentang hukum, kesehatan, kebaharian, dan permainan kelompok.

Kegiatan ditutup oleh Asisten Personel Danlantamal III Kolonel Laut (S) Binsar M. Sirait, S.E., M.Si. “Pada kesempatan yang baik ini, melalui kegiatan BJRB kalian bisa mengenal satu dengan yang lainnya dan mempererat tali silahturahmi antar peserta sehingga tercipta sebuah kekompakan antar generasi muda yang sedang melaksanakan kegiatan BJRB,” ujar Kolonel Binsar.

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *