Lintas Nusa

Media Lintas Informasi Antar Nusa

Nusantara

DANLANTAMAL III DONOR DARAH BERSAMA CALON PRAJURIT TNI AL

Lintasnusa.com-Panitia Daerah Penerimaan Calon Prajurit wilayah Lantamal III bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) menggelar donor darah yang diikuti sebanyak 490 Calon Prajurit TNI Angkatan Laut terdiri dari 95 Calon Bintara Wanita, 351 Calon Bintara Pria, dan 44 Calon Tamtama, di Ruang Serbaguna Mako Lantamal III, Jalan Gunung Sahari No.2 Ancol Jakarta Utara, Senin (12/10/2020).

Dalam kegiatan tersebut, Komandan Lantamal III Brigjen TNI (Mar) Bambang Hermanto, S.E., M.M., ikut menyumbangkan darah bersama Calon Prajurit TNI AL Panda Lantamal III.

Donor darah adalah kegiatan memberikan darah kepada seseorang secara sukarela, namun tidak sembarangan dengan syarat yang diatur dalam Peraturan Pemerintah No. 7/ 2011 tentang Pelayanan Darah. Dalam PP disebutkan penyelenggaraan donor darah dan pengolahan darah dilakukan oleh Unit Donor Darah (UDD) yang diselenggarakan oleh organisasi sosial dengan tugas pokok dan fungsinya di bidang Kepalangmerahan atau dalam hal ini Palang Merah Indonesia (PMI). Setiap tahunnya, PMI menargetkan hingga 4,5 juta kantong darah sesuai dengan kebutuhan darah nasional. Disesuaikan juga dengan standar Lembaga Kesehatan Internasional (WHO) yaitu 2% dari jumlah penduduk untuk setiap harinya.

Sebelum pengambilan darah, para calon pendonor terlebih dahulu menandatangani formulir pendaftaran, lalu menjalani pemeriksaan pendahuluan, seperti kondisi berat badan, HB, golongan darah, dan dilanjutkan dengan pemeriksaan dokter, guna mengetahui apakah kondisi pendonor dalam keadaan sehat atau pernah menginap penyakit yang dilarang sebagai pendonor seperti pernah menderita Hepatitis B dalam jangka waktu 6 bulan sesudah kontak erat dengan penderita hepatitis, dalam jangka waktu 72 jam sesudah operasi gigi, dalam jangka waktu 6 bulan sesudah operasi kecil, dalam jangka waktu 12 bulan sesudah operasi kecil, dalam jangka waktu 24 jam sesudah vaksinasi polio, influenza, kolera, stetanus dipteria atau profilaksis, dll.