Lintas Nusa

Media Lintas Informasi Antar Nusa

Nusantara

Peresmikan Kampung Bahari Nusantara Binaan Lanal Bangka Belitun

Lintasnusa.com-Danlanal Babel Kolonel Laut (P) Dudik Kuswoyo, S.E., bersama Gubernur Provinsi Kepulauan Babel Dr. H. Erzaldi Rusman, S.E., M.M., meresmikan Kampung Bahari Nusantara binaan Lanal Babel di Dusun Sukal, Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Senin (19/10/2020).

Dalam sambutannya, Bupati Kabupaten Bangka Barat mengatakan bahwa
Kabupaten Bangka Barat memiliki potensi sumber daya laut yang besar, hal tersebut bisa menunjang kesejahteraan masyarakat nelayan setempat khususnya nelayan Dusun Sukal memiliki sumber daya ikan, udang dan kepiting yang mana jumlahnya sangat besar. Desa Sukal merupakan Penghasil kerang terbesar di Kabupaten Bangka Barat dan budidaya kepiting bakau serta memiliki hutan mangrove. Oleh karenanya penunjukan Dusun Sukal sebagai kampung bahari merupakan hal yang tepat, dimana juga sudah ada Babinpotmar yg sangat membantu masyarakat nelayan.

Sementara itu, Danlanal Babel mengatakan pencanangan Kampung Bahari di Kampung Sukal merupakan realisasi nyata dari TNI AL dimana Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., telah memerintahkan untuk pembentukan kampung nelayan agar dilaksanakan oleh tiap Pangkalan.

“Dusun Sukal memiliki sumber daya alam yang berlimpah diantaranya adanya hutan mangrove dan sudah dijadikan salah satu destinasi wisata, dan Dusun Sukal merupakan penghasil biodata laut seperti ikan, kepiting bakau dan kerang. Ke depan Lanal Babel akan berkolaburasi dengan DKP untuk mengembangkan potensi yang ada di Dusun Sukal. Kami juga memperkenalkan Babinpotmar Lanal Babel dimana nantinya bisa berkolaburasi dengan Babinsa dan Bhabinkamtibmas sebagai pembina masyarakat sekitar,” ujarnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Gubernur Kepulauan Babel, Danlanal Babel, Pjs. Bupati Bangka Barat, Kepala DKP Kepulauan Babel, Forkopimda Bangka Barat, Kepala DKP Bangka Barat, KSOP Muntok, Ketua KNPI Bangka Barat, Paspotmar Lanal Babel, Danposal Muntok, Kasatpolair Polres Bangka Barat, Camat Muntok, Kades Belo Laut,
Pimpinan PT. Wika dan PT. Timah,
Ketua Nelayan Desa Belo dan Perwakilan Nelayan Dusun Sukal Belo Laut.

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *