Lintas Nusa

Media Lintas Informasi Antar Nusa

Nusantara

Urgensitas Undang-Undang Cipta Kerja Sejahterakan UMKM

Lintasnusa com-Tangerang – Penting bagi masyarakat untuk menerima sosialisasi dalam hal membangun prospek bisnis dan membangun suatu usaha baik pribadi atau mitra kerja. Pasalnya, hal ini juga berdampingan dengan adanya pengesahan UU Cipta Kerja di waktu lalu. Kebijakan strategis Pemerintah tersebut dinilai dapat mempermudah membangun suatu usaha di lingkungan masyarakat.

H. Achmad Baidowi, Sekretaris PPP DPR RI dalam acara Webinar yang diselenggarakan oleh Generasi Muda Pembangunan Indonesia atau GMPI mengatakan bahwa Pemerintah melalui lembaga dan kementeriannya, termasuk di dalamnya BUMN telah banyak memberikan kontribusi bagi masyarakat untuk dapat memanfaatkan peluang membangun usaha dan kerjasama.

“Masyarakat juga dapat dengan mudah membangun usaha yang didasari dengan rasa kepercayaan, sehingga dapat terbentuk profesionalisme bekerja. Kepercayaan antar mitra usaha atau mitra kerja dalam bekerja sama membangun suatu usaha”, kata Awi dalam Webinar tersebut.

Sementara itu, Ketua Koperasi Maju Ikan Indonesia, Amran Efendi menyampaikan pentingnya bagi masyarakat untuk membangun UMK baik pribadi maupun bersama. Hal tersebut dapat dilakukan dari hal-hal kecil, sehingga dapat membangun basis ekonomi baik di desa maupun di kota.

“Dengan UMK kita dapat membangun perekonomian dari mikro hingga ke makro”, ujarnya.

Turut hadir, Aunur Rofiq selaku Ketua DPP PPP yang menyampaikan urgensi UU Cipta Kerja yang telah digagas Pemerintah dan DPR RI merupakan dasar pengambilan sikap atas kondisi negara yang ada saat ini. Terwujudnya UU Cipta Kerja penting untuk meningkatkan perekonomian Indonesia, khususnya untuk meregulasi perizinan dan memberikan kemudahan berinvestasi serta membangun usaha.

“Upaya mempermudah berusaha, sertifikasi halal, dan lain-lainnya telah dibiayai oleh Pemerintah. Dalam hal ini, penting untuk masyarakat dalam membangun lapangan kerja dan menciptakan pekerjaan yang dapat diakses oleh seluruh masyarakat kecil dalam usaha mikro”, ujarnya

Pandemi Covid-19 juga mempengaruhi perekonomian nasional, sehingga perlu adanya sentuhan kebijakan bagi masyarakat kelas menengah ke bawah. Penting bagi masyarakat kelas menengah ke atas untuk mendukung dan mendorong kebijakan akan tercipta kenyamanan di masyarakat kecil.

“Penanganan masalah kesehatan telah dapat diakomodir dan ditangani oleh Pemerintah, sehingga penting bagi peran UMKM untuk mendorong kembali tumbuhnya perekonomian nasional. Terutama generasi milenal yang baru memulai dan mencari pekerjaan. Hal ini akan menurunkan angka pengangguran”, tukasnya.

Pembuatan dan pemasaran produk dapat dilakukan dengan adanya suatu koperasi dan lapangan usaha. Selain itu, dapat dipasarkan secara lokal dan global melalui bantuan dari Pemerintah. Hal ini terkait dengan kebutuhan masyarakat akan lapangan pekerjaan, sehingga dengan kemudahan membangun usaha dan berekonomi dapat diakomodir oleh Pemerintah. Dengan demikian akan tercipta suatu kesejahteraan masyarakat khususnya dalam hal kebangkitan ekonomi dari pandemi Covid-19.

*KA/(SN)*.

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *