Lintas Nusa

Media Lintas Informasi Antar Nusa

Ekonomi Metropolitan

Manajemen Organisasi dan Korporasi dalam Menghadapi Berbagai Perubahan

Jakarta –

07 November 2020-Saat ini banyak sektor menghadapi perubahan besar mulai dari kondisi lingkungan dan sumber daya alam yang kompleks, transformasi teknologi dan digitalisasi, hingga pandemi. Seringkali manajemen di dalam sebuah organisasi masih mengikuti peraturan lama sehingga hal ini menghalangi kemampuan organisasi tersebut untuk berinovasi dan beradaptasi pada sebuah perubahan atau peraturan baru yang dapat membantu para manajemen untuk sukses memandu tim dan organisasi untuk secara efektif mengatasi perubahan.

Organisasi dituntut untuk mampu mengatasi perubahan disruptif yang cepat dan secara dramatis telah memberikan dampak pada cara pasar beroperasi. Pemain baru dapat tiba-tiba masuk dan menguasai pasar. Hal inilah yang menjadi dasar mengapa manajemen ‘tradisional” perlu penguatan. Dibutuhkan perubahan pola pikir yang fundamental tentang mengapa dan bagaimana melakukan manajemen dan untuk melakukan ini semua dibutuhkan pemanfaatan konsep dari manajemen adaptif (adaptive management).

Topik ini menjadi inti dari orasi ilmiah yang disampaikan oleh Prof. Idris Gautama So, S.Kom., S.E., M.M., MBA., Ph.D. yang pada hari ini dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap Universitas BINA NUSANTARA dalam bidang Manajemen. Diadakan dengan menerapkan protokol COVID-19 di Auditorium BINUS UNIVERSITY Kampus Anggrek dan juga secara virtual melalui Zoom serta BINUS TV Live Streaming, acara ini dihadiri oleh Kepala LLDIKTI Wilayah III Jakarta; Perwakilan Deputy Bidang Kelembagaan, Kementerian Koperasi dan UKM; Senat serta Pimpinan Universitas BINA NUSANTARA; keluarga serta tamu undangan yang terdiri dari pimpinan perguruan tinggi serta rekanan industri.

“Terima kasih kepada Yayasan BINA NUSANTARA, Rektor BINUS UNIVERSITY, Senat Guru Besar BINUS UNIVERSITY, dan seluruh Sivitas Akademika yang telah mendukung saya dalam proses menjadi Guru Besar serta memberikan kesempatan bagi saya untuk menyampaikan orasi ilmiah dalam acara pengukuhan Guru Besar ini. Semoga dapat menjadi manfaat bagi BINUS, masyarakat, maupun bagi Nusantara”, ujar Prof. Idris. (rul/Red)

LEAVE A RESPONSE

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *