LintasNusa.com – Untuk mengawal integritas pemilu 2019, sebagai bagian dari kontribusi elemen masyarakat sipil mengingatkan otoritas-otoritas terkait bergegas dan bertindak melakukan penanganan preventif dan koersif jika terjadi pelanggaran pidana pemilu, SETARA Institute menggelar diskusi media berjudul “MENGAWAL INTEGRITAS PEMILU, Hak Pilih, Akuntabilitas Dana Politik, dan Penegakan Hukum Pemilu” berlangsung Jumat ( 5/4/2019) di Hotel Ashley, Jl. KH Wahid Hasyim, Jakarta Pusat.

Pemilu merupakan arena demokratis yang paling legitimate untuk mengkonversi kedaulatan rakyat menjadi otoritas politik dan ketatapemerintahan oleh institusi-institusi negara demokratis. Dengan demikian, kualitas dan kedalaman demokrasi sebuah negara ditentukan oleh legalitas dan integritas pemilunya.

Hadir sebagai pembicara antara lain Hasyim Asy’ari, Komisioner KPU, Fritz Edward Siregar, Anggota Bawaslu, Brigjen. Pol. DR. Nico Afinta, Karobinopsnal Bareskrim Polri, Benny J. Mamoto, Pengamat Analisis Transaksi Keuangan , Irjen. Pol. Firman Shantyabudi, Deputi Pemberantasan PPATK, Titi Anggraini, Direktur Eksekutif Perludem dan Kaka Suminta, Sekjen KIPP. (Amrul)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here